Rabu, 26 Januari 2022

MENUMPANG KENCING DI TOILET MASJID

 Hukum menumpang kencing di toilet masjid:

وسئل العلامة الطنبداوي عن الجوابي والجرار التي عند المساجد فيها الماء إذا لم يعلم أنها موقوفة للشرب أو للموضوء أو الغسل الواجب أو المسنون أو غسل النجاسة ؟ فأجاب أنه إذا دلت قرينة على أن الماء موضوع لتعميم الانتفاع جاز جميع ما ذكر من الشرب وغسل النجاسة وغسل الجنابة وغيرها.
ومثال القرينة جريان الناس على تعميم الانتفاع بالماء من غير نكير من فقيه وغيره إذ الظاهر من عدم النكير أنهم أقدموا على تعميم الانتفاع بالماء بغسل وشرب ووضوء وغسل نجاسة فمثل هذا إيقاع يقال بالجواز
وقال إن فتوى العلامة عبد الله بامخرمة يوافق ما ذكره.

إعانة الطالبين : 1/69

Jika ada indikasi air masjid itu memang diperuntukkan untuk manfaat umum (seperti minum, wudhu, mandi wajib/Sunnah), maka boleh dipakai utk hal itu semua.
Salah satu bentuk indikasi kebolehan hal tsb: pemakaian orang banyak utk berbagai keperluan tersebut *tanpa diingkari oleh seorang Ulama faqih atau selainnya*

Tapi jika ada indikasi bahwa air itu "khusus" utk pemakaian tertentu maka tidak boleh menumpang di toilet masjid.

Solusi:
Untuk menghindari keharaman dalam kasus di atas, hendaknya melakukan ibadah meskipun hanya sekadar berwudlu, atau mengganti ongkos pemanfaatan WC atau baik air masjid dengan minimal ujrah mitsl (ongkos standar)

(Hawasyi As-Syarwani, 6/258)
Wallahu A'lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bolehkah Memberikan Zakat Fitrah kepada Non-Muslim?

Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilakukan oleh setiap Muslim yang mampu. Peranannya tidak hanya berkaitan deng...